Saturday, October 15, 2011

Network Operating System

Network Operating System berjalan di server dan bertanggung jawab untuk memproses request, mengatur jaringan dan mengendalikan layanan dan device ke semua workstation. NOS bisa saja mengubah system file yang dipakai di workstation secara transparan, misalnya pada system Novell Netware, workstation, menggunakan Windows dengan file system FAT dan server menggunakan netware file system, contoh lain yaitu koneksi Windows ke Linux Samba.


JENIS-JENIS NOS
Peer to Peer 
Setiap node memiliki peran dan derajat yang sama. Jaringan local dengan konektivitas ini dibentik dengan cara menghubungkan setiap node secara langsung sehingga masing-masing node dapat berbagi  data, aplikasi dan resource lainnya. Pada konektivitas ini semua node dapat bertindak sebagai workstation atau server, oleh karena itu bentuk peer to peer tidak dirancang untuk WAN. Contoh NOS peer to peer, MS Windows for workgroup dan Netware DOS 7.
Peer to Peer Network
           



Keuntungan
         Kemudahan setup
         Perangkat keras yang kurang diperlukan, server tidak perlu dibeli.
Kekurangan
      Tidak ada lokasi pusat untuk penyimpanan.
      Kurangnya keamanan bahwa klien / server jenis menawarkan

2.    Client Server Network
Clien server merupakan model konektivitas pada LAN yang mengenal adanya server dan client, dimana masing-masing memiliki fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.Pada system ini terdapat node khusus yang dapat melayani sampai pelayanan komputasi.Server dapat men-sharing-kan data, aplikasi, dan resource seperti hardisk, printer,modem dan lain-lain. client tidak dapat berfungsi sebagai server, tetapi server dapat berfungsi sebagai client.


Client Server Network
                 
Keuntungan
         Server terpusat lebih stabil.
         Keamanan disediakan melalui server.
         Teknologi baru dan perangkat keras dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam sistem.
         Server dapat diakses dari jarak jauh dari lokasi yang berbeda dan jenis sistem.
Kekurangan
         Biaya membeli dan menjalankan server yang tinggi.
         Ketergantungan pada sebuah lokasi pusat untuk operasi.
         Memerlukan perawatan rutin dan update.

3.    File Server
Pada system file server, terdapat node khusus sebagai tempat penyimpanan (file) bersama tanpa pelayanan komputasi, misalnya: Novell Netware 3.xx dan 4.0, Banyan Vines, MS.LAN Manager, IBM LAN Server dan Unix Network File System (NFS).

0 comments:

Post a Comment