Sunday, February 17, 2013

Resume 1 - Konsep Dasar APJK





KONSEP ANALISIS PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER


Perancangan Jaringan Komputer perlu di analisis, alasannya :
-  Efektif : berkaitan dengan cara kerja seperti cara memasang jaringannya.
-  Efisien : berkaitan dengan buget/ biaya yang ada dan biaya yang dibutuhkan.

Komponen dasar jaringan ada 5, yaitu :
a  Komputerbisa dikelompokkan seperti PC, laptop
Dalam jaringan komputer terbagi atas dua, yaitu :
-          Komputer server
-          Komputer client
Komponen komputer :
1. Mainboard/ motherboard.
Tugas mainboard pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Mulai dari CPU/processor, RAM, memory, hard disk, Flopy diak, card(kartu) seperti: VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan sebagainya. Pada motherboard terdapat BIOS (Basic Input/Output System).

Komponen utama pada mainboard adalah chipset. Chipset sangat menentukan dukungan fitur dan fasilitas yang dapat dimungkinkan oleh motherboard. Sebab pada chipset akan menentukan dukungan seperti penggunaan tipe processor, modul RAM yang digunakan, ketersediaan dukungan integrated graphic controller, bus link untuk graphic card, dan seterusnya. Pada sebagian motherboard juga menggunakan skenario klasik, dengan menggunakan dua buah chipset, northbridge dan southbrige. Jika northbridge lebih menentukan dukungan untuk CPU, RAM dan bus. Termasuk dukungan untuk digunakannya dual VGA, baik dengan CrossFire maupun SLI.

2. Processor
a. Processor CISC
Tujuan utama dari arsitektur CISC adalah melaksanakan suatu perintah cukup dengan beberapa baris bahasa mesin sedikit mungkin. Hal ini bisa tercapai dengan cara membuat perangkat keras prosesor mampu memahami dan menjalankan beberapa rangkaian operasi. Untuk tujuan contoh kita kali ini, sebuah prosesor CISC sudah dilengkapi dengan sebuah instruksi khusus, yang kita beri nama MULT. Saat dijalankan, instruksi akan membaca dua nilai dan menyimpannya ke 2 register yag berbeda, melakukan perkalian operan di unit eksekusi dan kemudian mengambalikan lagi hasilnya ke register yang benar. Jadi instruksi-nya cukup satu saja

b. Processor RISC
Prosesor RISC hanya menggunakan instruksi-instruksi sederhana yang bisa dieksekusi dalam satu siklus. Dengan demikian, instruksi ‘MULT’ sebagaimana dijelaskan sebelumnya dibagi menjadi tiga instruksi yang berbeda, yaitu “LOAD”, yang digunakan untuk memindahkan data dari memori ke dalam register, “PROD”, yang digunakan untuk melakukan operasi produk (perkalian) dua operan yang berada di dalam register (bukan yang ada di memori) dan “STORE”, yang digunakan untuk memindahkan data dari register kembali ke memori. Berikut ini adalah urutan instruksi yang harus dieksekusi agar yang terjadi sama dengan instruksi “MULT” pada prosesor RISC (dalam 4 baris bahasa mesin):
LOAD A, 2:3
LOAD B, 5:2
PROD A, B
STORE 2:3, A
3. Monitor
4. Keyboard
5. Mouse


b. NIC ( Network Interface Card)
      Ex : RJ45
           RJ 45 biasanya menggunakan kabel UTP. Kabel UTP ada 8 kabel (4 pair).     
           Standar warna kabel   UTP : 568A dan 568B.

c. Network Device
1. Hub
Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link.
2. Switch
Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Perbedaan Hub dan Switch :
Hub bersifat broadcast pada sistem kerjanya, sedangkan switch bersifat unicase karena pada switch terdapat sebuah ROM yang bersifat hanya bisa dibaca. Fungsi ROM adalah memeriksa semua alamat MAC Address komputer sehingga data yang dikirim hanya untuk komputer yang dituju.
3. Router
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paketdata melalui sebuah jaringan atau Internetmenuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokoltujuh-lapis OSI.
4. Bridge
Bridge menghubungkan dua jaringan yang sama, yang berbeda hanya fisik saja.

d.   Media Transmisi
Media transmisi dibagi menjadi 2 :
- wireline
   a) kabel UTP
   b) kabel coaxial
   c) fiber optic
- wireless

e.   NOS (Netwotk Operating System)
      Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System) adalah sejenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani dan bekerja dalam jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan (service) yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal 1990-an.

             

0 comments:

Post a Comment